Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : V/I
Pertemuan : 2 x 40 Menit
Alokasi Waktu : 2 jam
1. Standar Kompetensi : BAB 3 PENYESUAIAN DIRI TUMBUHAN DAN HEWAN
2. Kompetensi Dasar : E. Pelestarian Hewan dan Tumbuhan
3. Indikator : - siswa dapat :
1. Menyebutkan nama-nama tumbuhan dan hewan yang dilestarikan
2. Mengelompokkan nama hewan dan tumbuhan yang dilestarikan
4. Tujuan Pembelajaran : siswa dapat menyebutkan nama-nama hewan dan tumbuhan yang dilestarikan dan dapat mengelompokkan nama hewan dan tumbuhan yang dilestarikan
5. Materi Ajar : Pelestarian Hewan dan Tumbuhan
6. Metode Ajar : - ceramah
- Tanya jawab
- Mencatat
7. Kegiatan Awal : - mengucap salam
- Berdoa
- Absen siswa
- Appersepsi : Anak-anak masih ingatkah kalian,mengapa tumbuhan dan hewan perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya ?
8. Kegiatan Inti : - guru menjelaskan nama hewan dan tumbuhan yang
dilestarikan
- Guru mencatat materi di papan tulis
- Guru bertanya kepada siswa
- Siswa menjawab pertanyaan guru
9. Kegiatan Akhir : - Evaluasi
- Menutup pelajaran
10. Alat Praga/sumber pembelajaran :
- Buku Paket pelajaran “sains” untuk sekolah dasar kelas 5
- Gambar tumbuhan dan hewan
11. Penilaian : - tes tertulis
- Tes lisan
Soal :
1. Sebutkan cara-cara yang harus dilakukan dalam upaya melestarikan tumbuhan langka ?
2. Sebutkan beberapa kerugian yang akan dialami oleh manusia akibat kepunahan tumbuhan dan hewan ?
Jawaban :
1. A. pembuatan hutan lindung
B. pembibitan tumbuhan yang dilindungi
C. hokum/undang-undang perlindungan
2. A. manusia akan kesulitan untuk mendapatkan obat-obatan
B. manusia akan kehilangan warisan alam yang sangat berharga
Mengetahui ; Kepala SDN 7 Merpak FIRDIANSYAH, A.Ma NIP. 19720811 200011 1 001 | Merpak, 3 Nopember 2011 Guru Bidang Studi DONNY GUDUT, S.Pd.SD NIP. 19861218 201001 1 006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar